Linux serverNETWORK ADMINISTRATIONSredhat

TUGAS 3 PART 2 Basis Data – Basis Data Terdistribusi Mysql di Ubuntu

Ubuntu (/ʊˈbʊntuː/ simakⓘ;[9]) merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasis Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas.

Ubuntu ditawarkan dalam tiga edisi resmi: Ubuntu Desktop[10] untuk komputer pribadi, Ubuntu Server untuk server[11] dan komputasi awan,[12] dan Ubuntu Core[13] untuk “Internet untuk Segala”,[14] perangkat kecil dan robot.[15][16] Versi baru Ubuntu dengan dukungan standar dirilis tujuh bulan sekali, sementara untuk versi dukungan jangka-panjang (LTS) dirilis dua tahun sekali.[9][17][18] Rilis terbaru Ubuntu dengan dukungan standar adalah 19.10 (Eoan Ermine) sementara untuk versi LTS adalah 18.04 (Bionic Beaver), yang mendapat tambahan jangka waktu dukungan hingga 10 tahun,[19] tidak seperti versi LTS lain yang mendapat dukungan hingga lima tahun saja.

Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”[20] Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Ubuntu adalah sistem operasi populer untuk komputasi awan, dan dijadikan sistem operasi rujukan bagi OpenStack.[12][21]

source

by YIP

openstack